HOBIKU, INSPIRASI SEKELILINGKU

HOBIKU, INSPIRASI SEKELILINGKU


Dulu ketika masih duduk di Sekolah Dasar, ketika zaman-zamannya trend menulis Diary atau Biodata di Buku teman sekolah, kita selalu diminta untuk menulis kan apa Hobby mu? Hobby anak-anak usia 10 tahun tentu masih belum pernah jelas eheh, namanya juga anak-anak 😊.

Sekarang setelah dewasa, saya menemukan hobby saya apa.  Ternyata, Hobby saya banyak juga ya 😉, mulai dari hobby menulis, Traveling dan membuat kerajinan tangan.   
Menulis saya tuangkan di Blog, saya fokuskan tulisan mengenai seputar Fashion and Beauty.

Ketika sudah menikah, dan punya anak, saya memutuskan untuk berhenti dan focus menjaga anak-anak. Sambil melakukan hobby saya yaitu menulis blog dan membuat serta menjual hasil-hasil kerajinan tangan saya melalui butik online.

Saya memberdayakan para wanita-wanita yang tinggal di sekitar perkampungan dekat komplek rumah saya untuk membuat kerajinan tangan. Saya memberdayakan hasil karya mereka. Pertama saya mengajarkan mereka terlebih dahulu. Memberikan ilmunya, mulai dari membuat kerajinan tangan yang rapih, sampai ke packaging serta menghitung cost pengeluarannya. Agar jika mereka suatu saat nanti ingin membuka usaha dengan menjual hasil-hasil kerajinan tangan mereka, mereka tahu berapa pengeluaran dan pemasukan serta quality dari produk mereka.
 
Ketika melakukan pelatihan di Desa Rawakalong Bogor

Awalnya saya bisa kenal dan memberdayakan wanita-wanita sekitar saya, saat itu Ibu Camat di lingkungan saya meminta saya untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan gratis dengan tema: Home Industry bagi Para Wanita. Disitulah saya mulai mengajari para wanita-wanita sekitar saya ini. Dan ternyata respon mereka sangat antusias, lalu saya mulai berfikir kenapa tidak sekalian saya memberdayakan mereka, sayang kalau ilmu yang mereka dapatkan tidak disalurkan, toh mereka bisa mendapatkan hasil dari kerajinan yang mereka bikin.

Kebetulan yang saya ajarkan kepada mereka adalah, membuat boneka, souvenir cantik dari bahan kain Flanel dan juga membuat aksesoris seperti kalung, gelang dan lain-lain. Pernah juga lho butik online saya diliput oleh beberapa Media Elektronik dan Media Cetak.
Untuk Hobby menulis saya, saya masih tuangkan di blog saya mengenai ide-ide dan berita seputar Fashion dan Beauty. Walau beberapa tahun belakangan ini, saya agak jarang sekali menuangkan ide-ide berupa tulisan kedalam blog saya, dikarenakan saat ini sedang focus mengurusi usaha Travel Haji dan Umrah saya, tetapi hobby menulis seputar fashion dan Beauty tidak pernah saya tinggalkan. Begitu juga membuat souvenir-souvenir, walau pembuatannya masih Made by Order


Pelatihan Membuat Frame Photo dari Kain Perca di Museum Layang Layang
Saya bahagia sekali, karena hobby saya ini bisa menginspirasi para wanita-wanita di sekitar lingkungan saya, hingga mereka semua sudah bisa membuat Usaha Kecil yang Mandiri, bisa menghasilkan dari hoby mereka. Senangnya berbagi. Dari Hobby bisa menginspirasi banyak umat.









Artikel ini dikompetisikan "hobimu inspirasi sekelilingmu" yang diadakan oleh  BUKALAPAK dan HIJUP

No comments:

Powered by Blogger.