5 Keahlian Penting Menjadi Fashion & Beauty Blogger

5 Keahlian Penting Menjadi Fashion & Beauty Blogger




Assalamualaykum,

It is been a long time yaa..blog ini tidak ada update nya..yuhuuu seperti sudah mulai berdebu rasa nya 😜😜. 
Aku pribadi sih masih aktiv kok menulis blog, hanya beberapa bulan ini sedang fokus mengisi blog di Cilya in Wonderland. And really sorry for that karena tidak update di blog ini.

Membuka updating blog ku kali ini, I wanna share about Skill di dunia Fashion & Beauty Bloggers berdasarkan pengalaman aku selama ini. Menurut aku, blogger saat ini, di era digital ini juga sudah bisa dikategorikan sebagai profesi. Mau blogger pemula yang belum paham mengenai SEO atau pun blogger yang sudah paham mengenai SEO, menurut aku sudah menjadi bagian dari profesi di dunia preneur atau usaha. Menjanjikan atau tidak nya ya kembali lagi kepada pribadi masing-masing sih menurut aku.

Menjadi blogger itu tidak hanya sekedar menulis di blog then post your article at your blog or you share at your media social...not as simple like that. Menjadi blogger itu tetap memerlukan skill. Tapi tahap pertama yang penting adalah kemauan dulu sih dalam hal menulis, yang penting kamu mau saja meluangkan waktu untuk menulis apa saja sesuai dengan apa yang ingin kamu share di blog kamu, sambil berjalan baru lah kamu mengasah skill nya dengan  baik.

Sekarang kita bisa jumpai banyak sekali blogger baru di dunia digital ini, baik itu blogger di bidang beauty, fashion, traveling, kuliner, parenting, techno etc. "Duuhhh..jadi bingung nih Mba Cil, aku mau fokus nulis di bidang yang mana? Terus bagaimana bisa ya aku menemukan niche yang tepat?" Yang penting sih menurut aku ya.. #mulaisajadulu (asyiik... kaya tagline sebuah brand ya kan)...

Blog Cilya Diary ini adalah blog pertama aku, yang mana postingan awal masih belum jelas isi tulisan nya fokus ke bidang apa, kebanyakan tulisan nya isi nya curhat semua aahaha, dan aneh nya ada saja viewer nya (mungkin merasa senasib dengan aku kali ya ehehe). Tapi semua sudah aku save to draft, malu ah dibaca orang kayanya.. 

Lalu sambil jalan, barulah aku menemukan passion aku dimana dan aku mau mulai fokus saja di bidang itu, karena itu lahirlah blog Cilya in Wonderland yang bahas tentang dunia fashion, beauty and healthy living. Healthy nya bukan ngebahas materi kesehatan kedokteran yang spesifikasi banget lho ya..lebih ke lifestyle healthy , yang mana pembahasan nya masih ringan-ringan saja. 

Starting from 2010 untill now, aku akhirnya tahu dan jadi paham apa saja sih skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Fashion & Beauty Blogger. Sekali lagi ini adalah sharing dari sudut pandang aku ya..
Apa saja sih skills nya? Berikut 5 Essential skill of Fashion & Beauty Blogging

1. Ciri Khas / Uniqueness

Kalau kamu berpikir untuk menjadi Fashion and Beauty Blogger HANYA sekedar post foto ootd, post beauty tutorial mu, menyadur dari beberapa buku fashion atau beauty, ternyata tidak HANYA sekedar itu saja. Kamu harus memiliki Ciri khas dan juga keunikan tersendiri, memiliki tulisan sesuai sudut pandang kamu sendiri. 
No need to pretend to be someone else, just to be real you. Because your readers really appreciate your original writing, from your perspective. Maka dari itu temukanlah segera jati dirimu, kamu mau gaya bahasa seperti apa, gaya foto seperti apa dan ke-unikan mu dimana.


2. Kenali 'Bahasa' tentang Fashion dan Beauty

Yess beb..ini penting banget ya. Kamu mau fokus bahas dunia fashion ya harus punya pengetahuan seputar fashion, memang tidak perlu juga harus belajar di akademi fashion designer baru bisa menulis blog seputar fashion.
Begitu juga hal nya ketika kamu mau fokus bahas dunia per-beauty-an juga tidak perlu kok harus belajar dulu menjadi Make Up artis di akademi per-make up-an. Maksud disini adalah, paling tidak kamu mengerti tentang 'Bahasa' atau istilah-istilah yang ada di seputar dunia fashion and beauty. 

Contoh ketika kamu mau bahas atau ulas tentang fashion show salah satu designer. Try to find out about the profile of the designer, lalu kenali beberapa istilah seperti : istilah 'Drapery' itu apa sih?, istilah 'Cutting' itu apa sih? Nama lain dari bahan jeans itu adalah denim dan sebagai nya.
Pokoknya selalu update istilah-istilah baru yang lagi trend ya di dunia fashion juga beauty.


3. Pahami Dunia Media Sosial

Punya blog itu perlu di share ke Sosial Media mu yang lain, agar teman-teman mu yang lain bisa mampir ke blog mu, lumayan kan ya bisa nambah-nambah viewer, syukur-syukur bisa jadi page one di mbah google.
Ada teknik nya juga lho bagaimana cara share link blog mu ke Media Sosial agar tidak kena banded media sosial tersebut. Aku ngga akan bahas mengenai ini saat ini, nanti ya di artikel sendiri.
Tapi paling tidak, kamu punya skill mengenai dunia social media. Bagaimanapun, building followers doesn't happen over night, perlu effort dan konsisten dengan rajin membuat konten yang bagus dan menarik.


4. Photography & Editing



Yess..Ada dua hal untuk menjadi fashion and beauty blogger yang hebat yaitu Original content and Visual content. Tentu saja kamu perlu tahu mengenai cara photography yang baik. Maksudnya adalah pengambilan foto yang bagus, baik dari pencahayaan, kejelasan foto nya dan juga tentu dari sudut pengambilan nya. 
Tidak perlu harus punya kamera yang bagus dulu untuk memulai menjadi Fashion & Beauty blogger, pakai kamera handphone pun juga bisa, yang penting kamu tahu teknik atau angel yang bagus untuk pengambilan foto nya. Hasil nya juga jangan burem ya.
Habis itu proses editing juga menunjang hasil dari foto mu. "Artinya perlu ya Mba Cil aku tahu teknik editing..?" Ho oh Yess perlu dong ya. Banyak lho sekarang aplikasi editing foto berjamuran di playstore atau appstore mu, ada Snapseed, ada Canva, ada VSCO, ada Lightroom dan masih banyak lagi. Kamu perlu pelajari proses dan cara nya.


5. Melatih Menulis




Kamu mau jadi Fashion & Beauty Blogger ya perlu bisa menulis dong. Perlu tahu teknik menulis, aku pernah share tentang seputar menulis yaitu Tuliskan Rasamu di blog Cilya in Wonderland, silahkan deh mampir ya 😉. 
Perlu lah melatih cara menulis mu, Paling tidak kamu memperhatikan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa. Jangan sampai membuat pembaca mu pusing dan bingung cara baca nya. 

So..this is 5 essentials skill of Fashion & Beauty Blogging from me, hope you like it. As a Fashion & Beauty Blogger, you still need skills, agar tulisan kamu selalu ditunggu oleh para pembaca setia blog mu. Share juga dong, kira-kira apa lagi sih skill di dunia blogging, terutama di dunia Fashion & Beauty Blogging. Boleh tulis di kolom komen ya..

Ok..see you on my next blog post everyone..💗💗



Salam
💗 Cilya 💗

Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife















Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo
 

20 comments:

Utami Isharyani said...

Widih ternyata punya blog alay jugaaa.. hihihi.. semua pernah alay pada jamannya yah..
Thank u for sharing Cilya, aku mah gak ngerti printilan fashion jadi lumayan membuka mata juga..

Maya Rumi said...

dulu banget aq pingin jadi fashion blogger tapi lama-lama malah sering nulisnya tentang anak dan jalan-jalan, hihihi

tapi emang yah mbak kalau mau jadi fashion blogger atau beauty blogger nggak cuma harus banget deh uptodate dengan dunia fashion dan beauty terkini, tapi ada banyak ilmu yang harus kita kuasai juga, biar konten kita menarik dan di senangi oleh netizen

Farida Pane said...

Mantap deh. Memang bloger itu harus punya keunikan tersendiri dan mau terus belajar ya.

Luella Artistry said...

Bener banget deh.. semua nya itu udh kaya basic nya ya. Tp yg paling susah nyari point no 1 yg keunikan.. hrs bener bener kenal ama diri sendiri dulu..

Winda - dajourneys.com said...

memang benar mba, untuk jadi fashion dan beauty blogger itu gampang-gampang susah, karena perlu ditunjang dengan skill fotografi dan tehnik menulis yang membuat pembaca nggak bosen mengunjungi blog kita

Demia KamiL said...

nomer satu aku setuju banget, punya suatu ciri khas atau keunikan itu penting banget yaa, aku juga masih nyari nyari ciri khas yang aku banget, biar kalo orang denger nama aku udah bisa langsung nebak hehehe

Desi said...

Aku pun baru tau sama sitilah2 fashion kyk drapery itu Ma, ahaha. emang bnyak bgt emang istilah fashion, saya banyak beljar dr TV Mba :)

Elliza Efina - www.rajnikala.com said...

Setuju sama poin-poinnya, Mbak. Sebagai beauty blogger (atau fashion blogger) harus banget punya ciri khas, nih. Begitu pula dengan knowledge dalam dunia beauty. Istilah-istilah di dalamnya tuh kadang ngga semua orang paham.

Beautyasti1 said...

Iya setuju mba, kita harus tau istilah istilah dan juga tau sedikit tentang ilmu photography, tapi ku bingung dengan ciri khas ku apa ya hehehe

Tori said...

Hihi bner bgt nih, paling ga harus tau di bidang apa kita sama bisa poto / video editing. Paling pntg harus pny ciri khas dan tulisan yg bgus

Grandys said...

wah thanks lho mba Cilya, kadang d dunia fashion itu memang aku rada kurang familiar sama beberapa istilah dan disitu jadi makin smeangat buat belajar lagi. Tengkyu mbaa, pengen belajar fotografi sama mba Cilyaaa

Indah Nuria Savitri said...

Aku suka banget liat foto-foto di blogger fashion and beauty! Pasti niat bangeet itu buatnya

Mellisa said...

Aku masih harus belajar banyak nih di photography and editingnya. Apalagi edit video gitu, pengen bisa jago kaya beauty blogger lain yg videonya bagus dan kreatif2. ☺

Novi said...

Setuju banget beb, semua yang kamu sebutin emang penting banget, terutama teknik photography, ciri khas, sama latihan nulis. Itu perlu bgt supaya konten makin bagus

Indah Juli said...

Setuju banget sama lima hal yang dibahas mbak Cilya untuk jadi fashion and beauty blogger yang mumpuni.
Terutama di content organik dan visual content itu penting banget kalau dari kita sendiri.
Thanks for sharing.

Desri Desri said...

nah betul, makanya kenapa seorang blogger itu perlu niche yang khusus karena setiap bidang punya istilah dan gaya bahasa sendiri. Cakepp banget mba tips nya.

lendyagasshi said...

BUkan bidang aku banget, kak...
Aku susah mengenali fashion seseorang, hanya beberapa item, masih oke laah...kalau uda mix and match, waah...ini baru kece.

Nia K. Haryanto said...

Salut deh sama fashion dan beauty blogger. Skilnya gak main-main. Aku nyerah deh. Kayaknya gak bakat. Gak punya banyak bakat estetik

Suzannita said...

Skill ini yang harus dimiliki oleh para pemula yang ingin menjadi fashion blogger Ya, tentu harus memahami istilah di dunia fashion ya

Faradila Putri said...

Aku nih perlu belajar cara OOTD yang baik. Sehingga badan ga terlihat bantet hahahaha. Biasanya liat Youtube tapi belum aku praktekin sih. Baru nonton sekilas-sekilas aja

Powered by Blogger.