Membangun Sosialisasi Anak-Anak Di Masa Pandemi

 


Dear Diary, 


Assalamualaykum....


Tahun ajaran sekolah sudah dimulai kembali. Untuk sekolah umum dan swasta mungkin masih minggu depan mulai belajar, tetapi berhubung ketiga anak aku sekolahnya adalah homescholling, jadi tanggal 12 Juli 2021 ini sudah mulai masuk.


Sebelumnya anak-anak sekolah di sekolah swasta Islam, dan ketika pandemi melanda, sekolah mereka tentu berubah dari offline menjadi online. banyak penyesuaian yang musti dilakukan oleh pihak sekolah. Sebab masa di rumah saja dan sekolah berubah menjadi online, bisa di bilang dadakan dikarenakan situasi darurat.


Ketika memasuki tahun kedua pandemi, aku merasa pembelajaran di sekolah anak-anak masih belum maksimal, maka dari itu aku putuskan anak-anak pindah ke sekolah yang memiliki metode homeschooling.


Banyak yang bertanya bagaimana dengan sosialisasi mereka? Selama pandemi memang sosialisasi mereka bersama teman-temannya adalah masih melalui media online saja, baik itu chating atau video call. 


Boring bagi anak-anak selevel SMP dan SMU tentu pasti melanda mereka ya, sebab interaksi bertatap muka harus dihentikan karena pandemi. Tetapi sekarang anak-anak sudah mulai terbiasa dengan sendirinya dan aku pun sebagai orangtua juga sudah mulai merasa enjoy dengan situasi seperti ini.


Aku merasa lebih punya waktu bersama mereka, bisa melihat dan memantau perkembangan mereka. Tinggal tugas aku untuk melatih life skill dan juga kreativitas mereka, agar dengan online ini anak-anak menjadi lebih produktif dan malah bisa mengasah ketrampilan mereka.


Memang kendala tahun pertama buat aku adalah jam main mereka yaitu game online. Game online saat ini beragam, selain itu juga intensitas anak-anak dengan gadget sangat luar biasa yang membuat mereka menjadi sedikit menjadi ketergantungan. 

Ditambah lagi, aku jadi khawatir bahwa mereka akan mendapatkan teman-teman online yang tidak jelas, entah dibohongi, cyber crime atau bulying online dan beberapa kekhawatiran lainnya.


Aku mencoba agar anak-anak tetap bisa sosialisai yang memiliki manfaat bagi tumbuh kembang anak-anak. Maka dari itu yang aku lakukan adalah mengajak mereka untuk ikut kelas online tambahan yang diluar pelajaran sekolah. Seperti mengikuti mereka kelas bahasa Inggris, kelas Public Speaking, kelas editing video dan kelas mengaji. Tentu semuanya masih via online tetapi dengan begini, networking mereka bertambah, sosialisasi dengan ornag baru tetap ada.


Semangat untuk para parents di luar sana. Nikmati saja masa-masa seperti ini, dimana masa pandemi seperti ini adalah masa dimana kita di kasih waktu untuk membangun bonding bersama anak-anak. Semoga pandemi segera berakhir dan harus yakin akan berakhir.



Love 

Cilya

No comments:

Powered by Blogger.