Langkah Cerdas Berinvestasi Untuk Wujudkan Impian

Lifestyle, Lifestyle Blogger Indonesia, Famous Blogger Indonesia, Komunitas Emak Blogger, Traveling, Traveling Indonesia, Traveler Hijab



Langkah Cerdas Berinvestasi Untuk Wujudkan Impian









Zaman Milenial ini kita perlu lebih Pintar dan Bijak dalam mengelola Financial kita. Jangan sampai mementingkan Gaya daripada Realita yang kadang bisa menimbulkan timbunan hutang yang berkepanjangan.

Sabtu sore 2 Juni 2018 saya berkesempatan menghadiri acara sharing session Langkah Cerdas Berinvestasi Untuk Wujudkan Impian di Liberica Cofee Downtown Walk Sumarecon Mall Bekasi, bersama Komunitas Emak Blogger (KEB), dimana acara ini di selenggarakan oleh Danamon Bank dan Kompasiana.com. Sebelum Buka Puasa Bersama, kami diberikan ilmu dasar dalam hal mengelola serta merencanakan keuangan kita.


Yang menjadi Narasumber pertama adalah Bapak Budi Raharjo (Direktur & Senior Partner Oneshildt Financial Planning). Beliau menjelaskan bahwa kita perlu Smart dalam mengelola keuangan agar kita tidak terjebak dengan yang nama nya hutang piutang 5-10 tahun kedepan.

Beliau memberikan 5 prinsip dasar dalam mengelola keuangan lho dan perlu sekali disimak. Berikut saya share apa saja sih 5 prinsip dasar tersebut dalam mengelola keuangan.

1.TATA (Tata Keuangan)

Segala alur cashflow Keluar-Masuk pendapatan kita perlu di Tata dengan baik bahkan kalua perlu kita bikin catatan agar kita tahu mana pengeluaran yang seharusnya tidak perlu kita lakukan.


2. TITI (Teliti dan Hati-Hati)

Teliti dalam mengeluarkan uang, jangan berdasarkan Nafsu saja. Contohnya pembelian suatu barang, perlu teliti apakah barang ini memiliki kegunaan dalam jangka panjang ? Biasanya tanpa kita sadari, kita cenderung membeli barang karena tergiur Diskon, tergiur karena bentuk nya yang lucu dan sebagainya, padahal kegunaannya tidak ada.


3. TUTU (Tuntas kan Masalah Keuangan)

Ketika kita memiliki masalah keuangan, maka benahi lah masalah keuangan kita sampai ke akarnya dengan artian sampai tuntas. Jika ada masalah dengan Kartu Kredit, maka tuntaskanlah pembayaran Kartu Kredit sampai Tuntas, jangan sampai tidak tuntas, sehingga nanti akan menimbulkan keuangan kita yang tersendat-sendat untuk pembayaran yang lainnya.


4. TETEK (Tetapkan Tekad)

Ketika kita sudah bisa memisahkan tabungan untuk Investasi dengan tabungan pengeluaran sehari-hari dan bulanan, maka teruslah teratur dalam hal pengelolaannya. Tekad kan bahwa tabungan untu investasi masa depan tidak kita ganggu gugat untuk hal-hal yang tidak perlu.


5. TENTREM (Tentram untuk Hari Tua Kita)

Investasi adalah salah satu alternative yang aman agar membuat hari tua kita Tentram dan Damai, sehingga bisa memberikan kebahagiaan untuk tujuh turunan kita.

Pak Budi Raharjo juga memaparkan mengenai Siklus Keuangan yang perlu kita ketahui. Mulai dari usia sekitar 26 tahun, kita sudah perlu membuat Tabungan serta Dana untuk pernikahan, setelah itu Dana untuk Pendidikan Anak, Dana untuk membeli Rumah, Kendaraan, Dana untuk Perjalanan Ibadah hingga melakukan persiapan Dana Hari Tua.


Segera kita para Milenial untuk Mandiri secara Finansial. Seperti apa Mandiri secara Finansial? Bebas Hutang, Pensiun Sejahtera, Gaya Hidup nya di kontrol, Siapkan Warisan untuk Anak dan Cucu kita, Memiliki Dana Darurat yang Memadai, Lakukan Investasi, Memiliki Dana untuk Pendidikan Anak, terakhir yang paling penting adalah kita melakukan Amal dan Sedekah yang besar.

Ternyata selain kita memiliki 5 Prinsip dasar dalam mengelola keuangan tadi, kita juga perlu membuat Tahapan Perencanaan Keuanga. Apa saja kah itu?
1. Kalkulasi Kebutuhan Keuangan Masa Depan
2. Menetapkan Tujuan Keuangan
3. Membuat Rencana Keuangan
4. Analisa Kondisi Keuangan saat ini
5. Implementasi dan Monitoring

Pak Budi juga memberikan pemahaman bahwa kebiasaan seseorang dalam mengelola Keuangannya itu biasa nya tergantung dari cara berpikir Otak nya, jadi kita ini ketika mengelola keuangan kita, Otak Kanan atau Otak Kiri kita yang kita pergunakan? Perhatikan began berikut ini dan silahkan deh simpulkan masing-masing, kita sering menggunakan Otak Kanan kita atau Otak Kiri kita ketika sedang mengelola keuangan kita?


Kesimpulan yang saya buat dari pemaparan Bapak Budi Raharjo adalah Bijaklah dalam mengelola keuangan kita, mulai lah menyisihkan rezeki saat ini untuk investasi yang bisa dipergunakan untuk kehidupan masa depan kita. Bijak dengan cara bisa membedakan Kebutuhan dengan Keinginan agar tidak terjebak Gaya Hidup yang berlebihan.

Pembahasan mengenai pengelolaan uang dari Bapak Budi Raharjo ini sangat menarik, walau kami cuma mendapatkan materi ini 1 jam saja dikarenakan waktu, tetapi cukup membuat kami ‘melek’ akan pentingnya mengelola keuangan.

Acara Sesi ke-2 adalah pengenalan mengenai Fiture dan pelayanan terbaru dari Bank Danamon yang dibawakan oleh Bapak Eko Fitri – Affluent Product Manager Bank Danamon Indonesia.

Bank Danamon mencoba meng-upgrade pelayanan nya lewat digital dengan mengikuti zaman milenial yang semuanya serba online. Dengan mencanangkan slogan #Saatnyapegangkendali , memang sudah saat nya kita memegang kendali keuangan kita dengan cermat.

Fitur baru dari Bank Danamon ini adalah pelayanan pembukaan rekening baru tanpa harus antri offline di Customer Service, kita cukup unduh aplikasi D-Bank Registration dengan mudahnya, sehingga kita bisa buka akun di Bank Danamon kapan saja dan dari mana saja.

Apa saja keuntungannya membuka rekening tabungan lewat fitur D-Bank Registration?
  • Proses buka rekening yang Mudah, Cepat dan Terpercaya
  • Bebas Biaya Administrasi per bulan nya
  • Setelah Registrasi, kita bisa langsung melakukan transaksi lewat D-Bank (D-Mobile) dan Danamon Online Banking langsung tanpa harus ke cabang terdekat
  • ATM akan dikirim ke alamat kita


Bagaimana cara menggunakan fitur D-Bank Registration ini?
  • Unduh aplikasi D-Bank Registration
  • Isi Data Diri kita (Sesuai KTP)
  • Upload Foto e-KTP dan foto kita secara selfie
  • Setelah selesai, kita bisa langsung berbicara dengan Customer Care Bank Danamon hanya dengan lewat Video Call saja
  • Transaksi selesai dan ATM akan dikirim ke rumah (semua ini tanpa perlu buku bank)
  • Setelah ini kita di minta untuk unduh aplikasi D-Bank (D-Mobile)

Mudah sekali kan?

Yang menarik bagi saya dari Bank Danamon adalah tidak adanya pemotongan Administrasi per bulan nya yang dibebankan ke rekening kita. Kereen yaaa…

Jadi..yuukk mulai lah kita sadar akan financial dan mulailah berpikir mengenai investasi dan saat ini adalah saatnya dbank, dimana kita bisa dengan Aman serta Mudah ber-investasi serta menabung.

Pemaparan demi pemaparan sudah disampaikan di acara sharing session kali ini, dan waktu berbuka pun tiba.. Kami pun para Komunitas Emak Blogger membuka puasa kami dengan menu yang disajikan oleh Liberica Cofee Downtown Walk. 

Alhamdulillah..Sharing yang sangat bermanfaat dan menjadikan sabtu saya menjadi sabtu yang produktif dengan mendapatkan ilmu mengenai mengelola keuangan. Terima Kasih Bank Danamon, Kompasiana dan Komunitas Emak Blogger yang sudah memberikan banyak ilmu bagi kami semua para emak-emak untuk bisa mewujudkan impian kita lewat ber-investasi melalui Dbank.



 



Salam
💓Cilya💓
 Lifestyle, Lifestyle Blogger Indonesia, Famous Blogger Indonesia, Komunitas Emak Blogger, Traveling, Traveling Indonesia, Traveler Hijab


1 comment:

Efi Fitriyyah said...

Untuk pengeluaran bulanan aku masih kalkulasiin pengeluaran jangka pendek aja. Nah, pos nabungnya malah suka bablas hahaha.... Padahal harus dipaksain ya. Harus dimanage lagi nih keuanganku

Powered by Blogger.