Apa Itu Blogwalking? Mau Tahu Penjelasannya?

Apa Itu Blogwalking?





Assalamualaykum,


Pagi ini, aku membaca pembahasan di WA Group mengenai sharing kapan awal mulai terjun sebagai blogger. Banyak blogger-blogger baru lahir ke dunia per-bloggeran ini ternyata dan ada juga yang nge-blog nya juga baru 5 tahunan tapi sudah luar biasa mendapatkan berbagai prestasi juga rezeki.

Jadi flashback lagi dan mengenang awal aku mulai ngeblog 😉. Tahun 2007 ketika anak kedua aku lahir, saat itulah aku mulai kenal dengan yang namanya dunia per-bloggeran. Tapi saat itu aku ngeblog awalnya untuk jualan online. Karena saat itu, buat website itu mahal nya luar binasa sodara-sodara, bisa sampai jutaan. Bagi aku yang masih bisnis kecil-kecilan, masih belum bisa diseriuskan (masih urus anak balita dan anak bayi saat itu), tentu sayang saja kalau sudah bayar mahal website tapi aku belum bisa memaksimalkan nya. 

Setelah itu tahun 2009 baru deh aku mulai ketemu blog nya Diana Rikasari dan aku mencoba untuk mulai rajin nulis di blog yang awal isinya curhatan ngga jelas nan alay ehehe..Lalu setelah sadar bahwa aib tidak boleh di umbar (halah), akhirnya mulai aku buat blog ke dua aku dan mulai deh aku sharing seputar fashion dan beauty ala Cilya.
Saat itu, aku tuh hanya nulis saja sesuka aku mau sharing dunia fashion seputar apa tanpa aku tahu soal SEO, google analytics, Page view dan sebagai nya. Belum ada ilmu juga yang membahas detail soal dunia per-blogingan

Sempat vakum juga sih ketika mulai fokus urusin bisnis travel aku. Mungkin sekitar tiga tahunan, dalam setahun cuma menuliskan dua tulisan saja. Sebenarnya sih ada saja ya waktu nya, hanya aku lagi ngga mau nulis saja sih waktu itu. 
Setelah lama vakum dan mulai nulis blog lagi, aku pun sempat kaget.. Ya, aku kaget ternyata dunia bloging itu sudah super sekali kemajuan nya. Dulu tuh belum banyak deh blogger yang sharing tentang informasi, adanya isi blog tuh rata-rata cerita diary gitu deh aka curcol (apa itu aku doang ya..ahahaha). 

Dulu pun group komunitas blogger juga belum banyak, sekarang sudah menjamur lho. Aku sih ngga banyak ikut ke dalam group komunitas blogger, hanya beberapa saja. Kebanyakan juga buat keblinger euy dan ada beberapa juga sih yang aku ngga cocok dengan cara founder nya. Yah ada lah pengalaman yang tidak menyenangkan tapi sudahlah ya, orang kan beda-beda cara kepemimpinannya, tinggal kita saja pilih mana yang cocok dengan prinsip kerja kita.

Di dalam group komunitas blogger itu, tidak hanya saling sharing job tapi juga saling sharing seputar dunia per-bloggeran juga ada saling blog walking untuk mensupport sesama blogger. 
Memang nya apa sih Blog Walking itu? Blog walking itu artinya berkunjung ke sebuah blog orang lain dan juga memberikan sebuah komentar.

Blog walking juga ada lho etika nya, jadi tidak sembarang juga kita melakukan blog walking. Kita sendiri kan juga tidak mau dong ada orang lain yang asal saja berkunjung ke blog kita. Karena itu, mulai lah dari diri kita sendiri untuk melakukan blog walking dengan ber-etika.


Ini Etika ketika kita melakukan blog walking:
  • Jangan Spaming. 
  • Komentar dengan kalimat yang Bijak dan Sopan. Jika mau memberi masukan, maka tulis lah dengan kalimat yang sopan
  • Komentar sesuai topik. Jangan sampai nih tulisan artikel nya tentang produk kecantikan tapi komentar nya tentang dekorasi taman 
Awal-awal aku pun masih lho belum paham soal manfaat dari blogwalking itu sendiri, setelah mulai mengikuti informasi-informasi yang di sharing di group para blogger, aku baru tahu deh tuh manfaat dari blogwalking itu sendiri. Jadi tidak hanya sekedar berkunjung lalu kasih komentar, tapi ada hal beberapa manfaat lain nya.

Buat aku pribadi nih, manfaat blogwalking adalah:
  • Silaturahmi atau kita jadi kenal dan menambah teman blogger baik itu blogger di Indonesia maupun blogger dari negara lain
  • Menaikkan Trafic Page View pada blog kita. 
  • Mendapatkan pengetahuan baru lewat tulisan artikel dari blog yang kita kunjungi.
  • Mendapatkan referensi dengan bisa memperbaiki lagi tulisan kita.

Mari kita saling blogwalking ke blog teman-teman blogger kita, karena banyak manfaat yang kita dapatkan juga lho. Happy blogwalking semua....




💗 Cilya ðŸ’—
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

No comments:

Powered by Blogger.