Pentingnya Membaca Buku dan Temukan Manfaatnya

6:22 AM

Meluangkan Waktu Untuk Membaca Buku




"Think before you speak, Read before you think"



Assalamualaykum,

Tidak banyak orang yang hobby nya baca buku. Kalau aku sudah hobby banget baca buku dari kecil, mulai dari komik, novel, buku motivasi sampai ensiklopedia. Kalau aku suka cari buku yang ada gambar-gambarnya jadi ngga flat tulisan, karena buat aku yang full tulisan semua itu bikin pusing kepala. Walau jika sudah baca buku tuh bisa lupa mandi😁.

Untuk buku motivasi, biasanya aku suka baca berkali-kali. Maksud nya dalam jangka waktu tertentu, suka aku baca ulang lagi untuk tujuan memotivasi diri lagi sih. Jadi fresh saja pikiran aku dan jadi tambah semangat lagi. 

Di zaman digital ini, sudah ada fasilitas perpustakaan online, yaitu pinjam dan baca buku nya secaa online yaitu via handphone saja. Kalau buat aku sih, greget nya tuh kurang saja. Aku lebih suka baca buku dari buku nya langsung, pegang buku nya, cium aroma kertas nya dan nikmatin suasana perpustakaan. 

Ngomong-ngomong perpustakaan, baru ngeh saja kalau aku sudah lama ngga ke perpustakaan. Terakhir itu pas nyusun skripsi kuliah ..wow sudah lama banget deh ih. Jadi kangen suasana nya deh..

Back to tentang perpustakaan online dan juga sudah makin banyak artikel yang bisa di akses via sosial media, apalagi yang malas baca bisa dengan cukup buka youtube, cari video penjelasan apa saja juga bisa di dapat disana secara visual. Minus nya ya anak-anak zaman now semakin tergerus deh minat baca nya.



Kalau aku pribadi, mengantisipasi kecanduan gadget serta membangkitkan minat bacanya ke anak-anak aku adalah selain memberikan 'Jam Handphone' kepada anak-anak, juga sering-sering aku ajak ke toko buku dan membiarkan mereka membaca beberapa buku disana dan membeli buku yang mereka mau baca. Aku belum pernah sih ajak mereka touring ke perpustakaan, seru pastinya tuh. Ke toko buku saja seru, apalagi ke perpustakaan. 

Aku juga ajarin ke anak-anak manfaat dari baca buku itu apa saja sih, jadi aku ngga hanya sekedar mengajak mereka bca buku tapi juga aku kasih tahu manfaat dari ketika mereka baca buku itu apa.

1. Membaca Buku bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Menurut jurnal penelitian dari American Academy of Neurology, membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Membaca buku secara rutin bisa menstimulasi otak karena mengolah pikiran, memori serta dapat menambah daya fokus terhadapa suatu hal.


2. Membaca Buku bisa menambah wawasan dan pembendaharaan kosa kata.

'Buku adalah jendela dunia', begitu kiasan yang selama ini aku dengar. Jadi sebuah ilmu atau sebuah pengetahuan itu bisa kita dapatkan dari buku. Selain itu juga kita bisa mendapatkan pembendaharaan kata, penyusunan kalimat per kalimat itu bagaimana yang baik nya.
Suka ngga sih ketemu orang yang kalau nulis percakapan di sebuah pesan itu, penulisan nya berantakan, sehingga kita yang baca nya suka pusing dan mencoba mencerna nya berkali-kali.
Bisa jadi karena orang itu malas membaca sehingga kurang paham bagaimana menyusun kalimat dengan baik yang memudahkan orang mencerna kalimat nya.


3. Menghilangkan Stress

Tapi ini benar lho, cobain deh pas lagi penat dan sedikit merasa stress, buka buku lalu baca. Buku nya jangan cari yang berat-berat ya, cari yang ringan. Biasa nya aku suka baca novel romantis jika sedang penat, lumayan mengurangi sedikt kepenatan 


Jadi melihat banyak manfaat dari membaca buku oleh karena itu yuk mulai deh luangkan waktu untuk membaca buku. Let's save our some time to read.





πŸ’— Cilya πŸ’—
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife

  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

1 comment:

adhealbian said...

walaikumsallam mba, anyway poin nomor 3 aku ngerasin banget lho mba, beneran deh, kemaren baru selesai 1 buku bacaan dan seneng banget rasanya ;)

Powered by Blogger.