The Power Of Bersyukur

The Power Of Bersyukur



Assalamualaykum,

Beberapa waktu lalu aku dapat kabar gembira dari teman aku. Teman aku zaman sekolah SMP dulu. Dia memberi kabar kalau alhamdulillah positif hamil. Setelah 8 tahun penantian akhirnya dia merasakan juga yang namanya mual-mual dan ada pergerakan di dalam perutnya. Jadi kebayang kan ya betapa bahagia nya teman aku ini menyambut kehamilan anak pertama nya. 

Walau usia nya sudah kepala tiga, seusia dengan aku. Tetapi kebahagiaan ini tidak membuat dirinya khawatir dengan hamil di usia yang sudah tidak muda lagi. Kalau aku sendiri, alhamdulillah sudah dikaruniai tiga anak dan cowo semua, si sulung saja tahun ini mau masuk ke usia 15 tahun. 

Selama 8 tahun, teman aku ini selalu berdoa dan tidak henti-hentinya berusaha agar segera diberikan momongan. Dia pernah bilang bahwa, dirinya sempat mempertanyakan miracle dari Allah, kenapa yang lain bisa memiliki anak, sedangkan kenapa dirinya belum juga diberi momongan? Tetapi mindset nya berubah setelah dua tahun pernikahan nya. Akhirnya dia pasrah kan kepada Allah dan tetap terus ikhtiar dan bersyukur atas apa yang Allah kondisikan untuk kehidupan pernikahannya.


Melihat dari kondisi teman aku yang perlu menunggu 8 tahun lamanya untuk bisa memiliki seorang anak di rumah tangga nya, seharusnya kita yang diberikan amanah oleh Allah SWT yaitu anak itu bersyukur dan tidak banyak mengeluh. Ini sebuah self reminder juga untuk aku yang kadang suka khilaf sih ya.. mengeluh jika anak-anak sedang membuat 'ulah' dan membuat ibu nya ini ngomel-ngomel sambil gmengerutu.


Setiap manusia pasti memiliki cara yang berbeda dalam hal bersyukur. Kalau kata guru spiritual aku, kita ini tidak perlu menunggu hal-hal besar yang terjadi dalam hidup kita dulu untuk memanjatkan rasa syukur kita.  Dengan melihat kejadian di sekeliling kita dan melihat ke kehidupan kita, apapun itu perlu terus muhasabah diri. Ketika muhasabah diri sudah kita lakukan, maka rasa syukur itu Insha Allah akan hadir di kehidupan kita.


Diberikan kehidupan, kesehatan, cinta, keberhasilan, bencana, keluarga dan masih banyak lagi adalah merupakan sebuah karunia serta nimat yang sangat luar biasa dan memiliki value yang luar bisa bagi kita. 


Seperti dalam surat Ar Rahman :


فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ



ِ”Fabiayyi alaa’i rabbi-kumaa tukadzdzibaan” Artinya “Maka Nikmat Tuhan-mu yang manakah yang ”Kamu Dustakan’?”
Kalimat ini diulang-ulang sebanyak 31x oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.  Tentu kalimat di dalam surat Ar Rahman ini memiliki sebuah makna yang luar biasa bagi kehidupan kita.
Makna yang tertera dari surat Ar Rahman ini adalah Allah memberikan banyak sekali Nikmat di dalam kehidupan kita sebagai manusia ciptaan Nya yang tidak bisa di ingkari. Tetapi yang dilakukan oleh manusia adalah sering 'Men-Dustakan-Nya..Astaghfirullah.
Dusta sendiri memiliki arti kita sebagai manusia kadang menyembunyikan kebenaran bahwa kita telah diberikan Nikmat oleh Allah SWT. 
Sudah berapa banyak diri kita diberikan Nikmat oleh Allah SWT selama hidup kita? Sudah berapa banyak kita bersyukur dalam sehari?
"Dan jika kamu menghitung Nikmat-nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan sanggup menghitungnya" (QS An-Nahl: 18)
Mari kita ucapkan 'Alhamdulillah' dan belajar untuk tidak mengeluh, jika diterpa musibah maka bisa jadi itu adalah bentuk ujian kita untuk 'naik kelas'. Tidak berat sih sebenarnya kita melakukan 'bersyukur' dalam hidup kita, tidak seberat Dilan memikul rasa rindu nya kepada Milea 😄. Oleh karena itu yuk sama-sama kita belajar untuk menjalani hidup ini dengan ikhlas dan tawadhu. Tawadhu itu sendiri merupakan sebuah bagian dari rasa bersyukur kita. Aku pun ingin mulai selalu mensyukuri apa yang Allah berikan kepada aku 😊
Nah Teman-teman, semoga tulisan aku bermanfaat ya 



💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

No comments:

Powered by Blogger.