7 TIPS Ampuh Menghilangkan Rasa Bosan di Rumah

Masa Karantina Diri dipergunakan untuk apa?





“OK Boys, wakey..wakey. It's 7 o'clock in the morning” Ucapku membangunkan ke tiga anak-anak ku yang sehabis subuh mereka tidur lagi karena tidak sekolah. Walau tidak sekolah bukan berarti mereka tidak melakukan sesuatu di rumah termasuk bukan berarti bebas dari belajar. Karena di rumah kali ini beda dengan sebelumnya, mereka bukan dalam rangka liburan tapi dalam rangka meng-isolasi diri agar terhindar dari Corona virus

Ini sudah hampir seminggu anak-anak belajar dari rumah. Interaksi dengan guru dan dengan teman-teman sekolahnya hanya via online saja. Biasanya start jam 10.00 pagi aku sudah berkutat dengan bisnis aku (yang memang aku lakukan via online juga), tapi kali ini baru bisa kepegang diatas jam 12.00, karena masih membantu anak-anak mengerjakan tugas dari sekolah.

Kalau aku sudah sangat familiar dengan dunia online atau work from home, jadi ya tidak terlalu berpengaruh juga sih dengan himbauan pemerintah yang menyarankan masyarakat untuk kerja dulu dari rumah, karena sehari-hari aku sudah melakukan yang namanya ‘Work from home” ini.

Bagaimana dengan teman-teman semua? Adakah yang mungkin masih agak bingung dan bertanya: “Selama dua minggu ngapain saja ya di rumah?” Sebenarnya banyak hall ho yang bisa dilakukan di rumah untuk bisa mengusir rasa bosan atau paling tidak selama dua minggu teman-teman tetap produktif, tidak hanya makan tidur saja, pas masuk kerja tahu-tahu berat badan naik ehehe.

Ini Tujuh Tips dari aku, kegiatan produktif yang bisa dilakukan selama masa isolasi di rumah.

Mengaji



Bagi teman-teman yang muslim, mungkin saja selama ini ada yang jarang-jarang punya waktu untuk membaca Al Qur’an. Nah ini mungkin adalah saatnya untuk memperbaiki ketinggalannya kemarin membaca Al Qur’an, malah bisa jadi selama dua minggu ini bisa khatam Al Qur’an. Aamiin YRA.
Teman-teman mungkin bisa lakukan rutinitas membaca Al Qur’annya setiap habis sholat shubuh dan sholat ashar.  Kalau aku baca Al Qur’annya ya di jam ini.


Olahraga


Biasanya bagi yang kerja kantoran dari senin sampai dengan jumat, bahkan mungkin juga sampai sabtu dan jarang banget bisa melakukan yang namanya olahraga, inilah kesempatannya juga untuk rutin olahraga setiap pagi. Olahraga seperti yang sudah kita ketahui bahwa bisa membuat tubuh kita sehat.
Karena sedang masa isolasi, jadi olahraga yang aku lakukan adalah senam saja di dalam rumah (liat youtube sih biasanya). Kalau kemarin-kemarin ketika situasi normal, aku biasanya jogging keliling komplek atau di jogging track. Kesempatan juga ya kan bisa olahraga di rumah bersama keluarga setiap hari. Kalau sehat, Insha Allah daya tahan tubuh nya kuat.


Beres rumah



Bagi yang kerja, pasti jarang banget punya waktu untuk beres-beres rumah ya kan? Mumpung nih lagi di rumah, kesempatan deh cari kesibukan dengan beres-beres rumah. Pakaian yang tidak terpakai bisa di sortir, buku-buku yang sudah jarang di baca juga bisa sekalian di sortir lalu di donasikan dan masih banyak lagi yang bisa diberesin.
Kalau sudah beres rumah jadi terlihat rapih dan bersih ya kan. Tapi ingat jangan terlalu lelah ya sehingga sakit. Dibawa santai dan asyik saja dan jangan jadi beban  ya…


Masak



Ada yang tidak hobby masak tapi suka masak? Itu aku deng, ehehe…. Iya aku ngga hobby masak, tapi aku suka sih masak apalagi sekalinya masak, terus hasil masakan kita di bilang enak sama suami dan anak-anak. Agar di rumah irit, tidak banyak jajan, coba deh buka lagi buku-buku menu masakan yang pernah dibeli, biar ngga berdebu. Ayooo ngaku, disini siapa yang beli buku menu masakan tapii ngga praktek-praktek buatnya? Ehehe…
Dengan mencari kesibukan dengan masak memasak di rumah, bisa menjadi salah satu pelipur lara rasa kebosenan. Irit nya dapat (ngga boros uang beli makanan di gofut), terus kita juga jadi punya skill baru  di bidang masak. Nutrisi pada makanan anak-anak dan pasangan terjamin karena kita sendiri yang buat.


Meditasi



Aku suka lakukan yoga meditasi di rumah, biasanya sih dua minggu sekali ya aku lakukan di rumah pagi hari. Mungkin teman-teman juga bisa lakukan Yoga meditasi di rumah, banyak kok tutorialnya di youtube. Gunanya sih untuk menghilangkan stress dan rasa letih saja dan biar pikiran juga lebih fresh. Gunakan Yoga meditasi yang basic saja ya jangan yang sulit-sulit lho yah.


Membaca



Coba deh baca buku koleksinya lagi. Biasanya aku suka baca buku yang sudah lama banget ngga aku baca. Di rumah aku jarang punya buku novel. Dulu masa remaja, buku koleksi aku rata-rata cerita fiksi atau novel seputar percintaan dan juga detektif yang memecahkan soal masalah pembunuhan, ahaha... Tapi setelah kuliah, berubah deh buku bacaan aku. Sudah ngga lagi novel dan juga cerita detektif gitu, kayanya berat saja bacanya soalnya masalah hidup sudah berat gais, kalau baca yang berat-berat juga tak sanggup aku tuh. Sekarang koleksi buku-buku aku semua rata-rata buku motivasi, buku kerajinan tangan dan buku edukasi.
Nah teman-teman suka buku apa? Non fiksi atau fiksi? Apapun itu, coba saja manfaatkan waktu ‘stay at home’ nya dengan baca buku koleksi di rumah lagi.


Nonton Drama Korea



Yuhuuuu..siapa disini penggemar Drakor? Angkat tangannya …. Silahkan nikmati nonton deh sepuasnya nya. Buruan tuh nonton Crash landing you yang lagi jadi bahan pembicaraan emak-emak pecinta drakor, biar kalau ngobrol di wa atau buat status di FB banyak yang kasih komen ahaha…


Seru kan ternyata, ‘work from home’ atau ‘stay at home’ itu menyenangkan lho. Tidak selamanya bikin bosan. Memang kali ini kita disarankan walau di rumah tetap kalau bisa tidak keluar rumah kecuali hal yang urgent, jadi memang mungkin suasanya yang di lihat ya itu-itu saja. Tapi Insha Allah dengan 7 hal tadi jika beberapa dilakukan, bisa mengusir rasa bosan kalian dan bahkan mungkin bisa menjadi ide untuk buka lahan bisnis baru.

Berharap saja apapun hal yang terjadi saat ini, bisa segera usai ya teman-teman. Yang penting tetap stay save and stay healthy. Insha Allah, Allah akan melindungi kita dan memberikan rezeki kita setelah kejadian ini ya.

Selamat praktek and see you on my next blog post



💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

11 comments:

winda - dajourneys.com said...

kalau tips ala saya cuma satu mbak, rebahan dan nonton drakor hahaha udah paling bener itu :)

Herva Yulyanti said...

aku udah lama ga baca buku nih mba rasanya sudah lama ditinggalkan padahala waktu itu beli buku langsung 4 huhuhu sedih

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Ini semuanya pun aku lakukan di rumah selama social distancing, yang pasti masih semangt untuk tetap dirumah aja. Bahkan habis balik dari Jogja aku jajan buku beberapa untuk bacaan di rumah.

Larasatinesa said...

Aku kebetulan pas lagi WFH gini emang lagi persiapan pindahan rumah juga mba. Sekalian beres-beres hehe. Jadi reminder aku deh udah lama nggak ngaji :(

PuputFebriina said...

Wah thanks banget ya Mbak untuk tipsnya jadi nggak bosen deh ini di rumah.

Ratna Kirana said...

Tips no 1 nya mantap banget, mengaji hehe! Aku terketuk nih buat khataman quran lagi hehe

Mei said...

wah seru banyak ya bermanfaat juga diam di rumah aja, semoga semuanya segera berakhir ya mba, biar kita hidup bebas lagi dan semuanya baik-baik aja

Melissa Olivia said...

Kalo aku sekarang sela2 waktu malah bikin creative journal. Lumayan penghiburan biar gak stress 😂

Rach Alida Bahaweres said...

Aku pas libur kerja itu berasa bangun tidur makan bangun tidur makan. Hahaha. Ya alalh bener bener istirahat deh biar sehat sehat. Kalo bosan ya nonton tipi

lendyagasshi said...

Maunya yaa....kerjain tugas rumah lalu leha-leha sambil nonton drama Korea, hihii...
Tapi sayanganya...itu agak mustahil kalau ada anak-anak. Tugas dari sekolah ini amazing!
Butuh pembiasaan baru Learning From Home niih...

Uniek Kaswarganti said...

Yes mba, tipsnya bener banget ini, kesempatan bagi kita untuk menambah bacaan ngaji, bacaan novel, bebersih rumah dan masak. Semoga serangan virus ini segera berlalu ya mba. Kita yang bisa stay at home, yuk gunakan waktu ini dengan penuh manfaat. Masih banyak di luar sana yang masih harus mencari nafkah di luar rumah. Kita doakan bersama-sama untuk kesehatan dan keselamatan kita semua.

Powered by Blogger.