Generasi Milenial Dengan Ideologi Pancasila

Generasi Milenial Harus Pahami Pancasila sebagai Ideologi Bangsa





Assalamualaykum,

Pelajaran mengenai Pancasila itu di zaman aku sekolah dulu adanya di mata pelajaran PMP (Pendidikan Moral Pancasila)..nah..nah..ketahuan kan jadul benar usia aku 😀.
Terus pas anak aku yang sulung dan si number two masuk sekoah SD, pelajaran PMP itu diganti istilah nya dengan PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Basic nya sudah pasti ya hafal ke-5 Sila dari Pancasila itu sendiri dan juga pembukaan Undang-Undang Dasar dan isi nya. 

Pas si bungsu masuk SD, pelajaran PPKN masih ada, tetapi buku pelajaran nya sendiri sudah dijadikan dalam satu buku pelajaran yaitu namanya pelajaran Tematik yang terdiri dari Bahasa Indonesia, PPKN, Matematika serta IPA. Itulah metode pendidikan di Indonesia yang tentu berubah mengikuti zaman. 

Metode pendidikan dan materi silabus mengenai PPKN boleh saja berubah. Tetapi basic mengenai pendidikan moral Pancasila beserta pemahaman ideologinya ya jangan berubah, bahkan perlu banget di tingkatkan agar rasa nasionalisme nya terhadap bangsa tidak pudar dan tidak lekang oleh waktu serta zaman.

Apalagi ya pengaruh informasi via digital sendiri itu sungguh luar biasa dampak nya. Hampir 80% waktu itu dihabiskan untuk browsing atau online, ya karena kita semua nya sudah serba online.
Di berita pun kita suka baca dan dengar sendiri, di 10 tahun belakangan ini sangat marak sekali para terorisme di Indonesia lah khususnya. Entah apa yang ada di dalam pikiran mereka para terorisme itu.

Jika memang ingin membuat generasi muda yang mana para penerus bangsa kita, menjunjung tinggi agama serta rasa nasionalisme nya, menurut aku tidaklah perlu dengan cara melakukan pembom-an dimana-mana. Kan bisa lakukan dakwah yang positif dengan syiar agama yang baik, buat kajian islami, kajian nasionalisme yang anti rasis, anti bulying dan sebagai nya.
Tapi itulah manusia, rambut bisa sama-sama hitam, sama-sama blonde tapi hati serta pemikiran pasti berbeda.  
Entah bergurunya yang salah atau memang individu nya yang terlalu cetek dalam berpikir ke depan. 

Aku merasa beruntung lahir dan menjadi warga negara Indonesia yang kaya akan budaya, hasil alam dan pemandangan yang indah Masya Allah. Ditambah lagi, Indonesia memiliki lambang negara yang luar biasa memiliki makna nasionalisme yang bagus. Para pejuang kemerdekaan, para pahlawan-pahlawan bangsa kita membuat ide Pancasila itu sungguh luar biasa. Terima kasih para pahlawan-pahlawanku...

Para generasi milenial perlu banget memahami ideologi dari Pancasila dengan baik. Kalau perlu, adain sebuah campaign deh untuk para generasi milenial sekarang dengan campaign #GenerasiPancasila , agar rasa nasionalisme yang ada tidak pudar. Sebab Ideologi Pancasila merupakan falsafah bangsa Indonesia. Menjaga Pancasila sebagai pedoman bagi bangsa bukan hanya sekedar sebagai warisan yang perlu dijaga tetapi juga amanat bagi generasi milenial sebagai khalifah untuk menjaga bangsa ini dari kerusakan dan juga perpecahan.
Generasi milenial sekarang ini diharapkan bisa memaknai Pancasila sebagai ideologi bangsa yang tidak hanya dapat menyatukan kedamaian saja tapi juga menciptakan kedamaian, silaturahim yang baik serta rasa nasionalisme yang tinggi.

Sebagai Orangtua pun hal ini merupakan PR banget nih, karena aku pun termasuk golongan kategori orangtua zaman milenial walau lahirnya bukan di era milenial. Semoga juga sekolah anak-anak kita tidak menghilangkan pelajaran mengenai ideologi Pancasila ini.






💗 Cilya 💗
Mompreneur, Blogger, Happy Mom & Happy Wife
  





Fashion, fashion hijab, Fashionable, Fashion blogger, Fashion daily, Fashion hijabers, Fashion icon, Fashion indonesia, Fashion magazine, Fashion news, Fashion ootd, Fashion show, Fashion style, Fashion vlogger, Fashion vlogger indonesia, Fashion blog, Fashion blogger indonesia, Fashion blogger hijab, Beauty healthy, Beauty inside, Beauty influencer, Beauty journal, Beauty enthusiast, Beauty blogger, Beauty, Beauty blogger indonesia, Beauty blogger hijab, Beauty blogger indo

No comments:

Powered by Blogger.