Daftar Film Pahlawan Indonesia Yang Wajib Di Tonton

6:30 AM

 Film-Film Perjuangan Para Pahlawan Indonesia




Assalamualaykum,

"Siapakah Pahlawan Indonesia favorit kalian anak-anak?" suara Umi (gurunya si bungsu) terdengar dari iPad si adik yang bertanya kepada murid-murid mengenai tokoh pahlawan Indonesia favorit mereka.

Seperti biasa kegiatan pagi ini dari Senin sampai dengan Jumat adalah menemani anak-anak aku sekolah daring dan inilah yang aku dengar setiap hari. Aku pun jadi berasa belajar lagi pelajaran anak SD, SMP dan SMU.

Pelajaran untuk pelajaran Tematik hari ini adalah membahas mengenai PPKN tentang para pahlawan Indonesia. Jadi anak-anak di perkenalkan beberapa tokoh pahlawan nasional Republik Indonesia yang sudah berjuang dalam mempertahankan Indonesia dari masa penjajahan Belanda juga Jepang.

Pelajaran mengenai perkenalan para tokoh pahlawan ini penting, agar para penerus bangsa Indonesia ini mengenal para pahlawan kita dan tetap ada rasa nasionalisme di dalam diri mereka. Karena di zaman era digital ini, anak-anak milenial sekarang ini, pengenalan terhadap para pahlawan bangsa sendiri sangat kurang. Sebab mereka lebih sering melihat tokoh-tokoh pahlawan atau superhero fiktif yang ada di film-film.

Contoh yang sering kita lihat adalah tokoh superhero seperti Superman, Spiderman, Batman, Ironman dan masih banyak lagi tokoh-tokoh film superhero yang lebih sering muncul ceritanya di layar lebar dan juga di media-media sosial. Kenapa bisa begitu? Karena edifikasi mereka yang terus menerus dilakukan oleh para pelaku bisnis perfilman, sehingga para tokoh-tokoh superhero ini seakan nyata di dunia ini.

Kenapa para pahlawan bangsa Indonesia sendiri tidak banyak yang tahu? Karena edifikasinya yang kurang. Coba deh tanya ke anak-anak kita, apakah kenal Jenderal Sudirman? Apakah kenal dengan Ki Hajar Dewantara? Apakah kenal dengan Ibu RA Kartini dan beberapa tokoh pahlawan bangsa? Pasti hampir banyak anak-anak kita tidak tahu.

Tapi coba kita tanya apakah mereka kenal dengan Superman? Jawabannya pasti Iya dan di jawab dengan cepat. Nah faktor apa yang menjadikan anak-anak kita tidak mengenal para oahlawan bangsa? Karena itu tadi kurangnya edifikasi.

Aku sendiri sebagai orangtua pun agak kesulitan mencari buku atau beberapa film mengenai pahlawan bangsa. Kita hanya bisa ketemu cerita tentang mereka di buku sejarah pelajaran sekolah, selebihnya jarang sekali kita bisa temukan cerita tentang mereka. 

Oleh karena itu, aku merasa kita bangsa Indonesia perlu lebih banyak membuat film-film mengenai Pahlawan Indonesia dan ternyata setelah aku browsing, kita ini sudah punya beberapa film-film pahlawan Indonesia. 

Apa saja nih film-film mengenai Pahlawan Indonesia yang wajib kita tonton?

1. Tjoet Nja' Dhien (1988)

Film yang di bintangi oleh Christina Hakim sebagai tokoh Cut Nyak Dhien ini memang film lama dan bagus untuk di tonton. Aku sudah nonton film ini dan aku terharu biru melihat perjuangan beliau di masa Hindia Belanda dalam memperjuangkan kenerdekaan Indonesua. 

Film ini di tahun 1988 memenangkan kategori Film Terbaik dan juga memenangkan 7 kategori lainnya dalam Festival Film Indonesia tahun 1988, jadi kebayang kan ya betapa kerennya film ini. 


2. Soekarno (2013)

Tentu kita tahu siapa kah Soekarno itu, iya beliau adalah Presiden RI pertama yang mewujudkan Kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Dengan ketegasan, kegigihan dan semangatnya membela dan mempertahankan Indonesia, membuat film ini menjadi sangat menarik untuk di tonton.

Sejarah perjuangan beliau di ceritakan di film ini mulai dari strategi beliau, sampai ketika beliau di asingkan ke Ende sampai Bengkulu. Aku sudah nonton juga film ini dan nangis dibuatnya melihat perjuangan beliau. 


3. Kartini (2017)

Film ini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo yang menceritakan perjuangan Ibu RA Kartini untuk menyetarakan hak bagi semua orang, baik yang berdarah keturunan ningrat ataupun bukan, terutama tentang hak pendidikan untuk kaum perempuan. 

Aku pun juga sudah nonton film ini, ten thumb deh menurut aku karena film Kartini ini detail sekali memaparkan perjuangannya dalam menggagas kesetaraan yang mana dia terpicu dari perlakuan lingkungannya terhadap ibunda tercintanya yang menjadi seorang wanita yang terbuang dengan alasan tidak memiliki darah ningrat. Dari sinilah Kartini bersama adiknya mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk warga Jepara.


4. Jenderal Soedirman (2015)

Beliau adalah Panglima Jenderal Sudirman yang tentunya memiliki peran penting dalam melawan penjajah di masa perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Film Soedirman ini diperankan oleh Adipati Dolken. Film ini juga aku sudah tonton dan rugi bagi yang belum nonton nih.

Di film ini juga menceritakan perjuangan beliau dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di saat beliau sakit berat, tetapi semangat beliau bisa dirasakan dengan cara beliau memimpin perang gerilya selama tujuh bulan, hingga Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan RI seutuhnya.


Inilah beberapa film pahlawan Indonesia yang kita miliki. Sebenarnya Indonesia memiliki banyak sekali tokoh pahlawan yang perlu di angkat cerita sejarah perjuangannya, jangan sampai rasa naisonalisme kita terhadap Indonesia ini tergerus dengan tokoh-tokoh superhero yang tidak nyata di dunia ini. 

Berharap para sutradara perfilman di Indonesia, makin banyak yang mau mengangkat cerita-cerita perjuangan para pahlawan di Indonesia. Agar generasi muda dan para milenial semakin mengenal tokoh pahlawan bangsanya, sebab tanpa mereka mungkin kita tidak merasakan yang namanya bebas merdeka seperti saat ini.









Woman Creative Partner

No comments:

Powered by Blogger.