Keseruan Kegiatan Rutin Perayaan 17 Agustus

Serunya Kegiatan Menjelang Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia



Assalamualaykum,

Sepertinya sudah menjadi sebuah tradisi ya merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengadakan lomba di lingkungan RT dan RW rumah kita.

 

Tidak hanya upacara bendera saja yang di lakukan di sekolah juga di perkantoran kantor BUMN tapi juga kegiatan seperti lomba balap karung, lomba kelereng dan masih banyak lagi kegiatan di masyarakat dalam rangka perayaan 17 Agustusan.

 

Lomba-lomba yang di adakan ketika perayaan 17 Agustus baik di lingkungan sekolah, rumah ataupun perkantoran sangat bagus sekali. Hal positifnya adalah melatih anak-anak untuk berani dan membuat warga (baik sekolah, perumahan dan perkantoran) jadi saling bisa silaturahim.  


Tahun ini di lingkungan RT aku memang tidak ada perayaan lomba-lomba dikarenakan pandemi ini, jadi kita tidak melakukan kegiatan apa-apa. Biasanya sih selalu rutin di adakan mulai dari lomba, pentas seni, sampai bazaar. Semoga saja tahun depan sudah mulai kembali normal lagi ya dan pandemi pun sudah berakhir.

Di sekolah si bungsu, kemarin ini tetap mengadakan perayaan 17 Agustus-an tapi dilakukan melalui via daring. Ada pembacaan Puisi, Story Telling, Nyanyi dan Makan biskuit. Anak aku si bungsu yang duduk di kelas 2 SD kebetulan ikut lomba story telling, he is so exited. Ini adalah lomba yang dia ikuti pertama kali dan buat aku sebagai ibunya terkejut ketika anak bungsu ku ini menang juara harapan 1.

 

Padahal anak aku ini termasuk yang pemalu, tapi berani mengajukan diri dan menang pula. Sayangnya story telling yang dibacakannya bukan mengenai cerita perjuangan atau profil para tokoh pahlawan. Padahal kalau saja yang di bacakan adalah cerita dari perjuangan para pahlawan, itu bisa sekalian mengajarkan mereka untuk lebih mengenal lagi para pahlawan mereka.

 

Memang next lomba aku mau mengajukan ke pihak sekolah dan lingkungan RT aku agar diadakan lomba pidato atau lomba story telling mengenai sejarah Indonesia. Karena kan kita dalam masa perayaan 17 Agustus-an jadi perlu sekali kita mengedukasi masyarakat akan perjuangan para tokoh-tokoh pahlawan kita.

 

Kebayang ya serunya jika diadakan lomba pidato kemerdekaan, seperti membaca teks proklamasi...duh belum apa-apa saja merinding deh, kebayang suara Pak Soekarno ketika membacakan teks porklamasi. Masya Allah, semoga anak-anak keturunan kita semua tetap memiliki rasa nasionalisme di dalam diri mereka.

 

 

 


 

 

 

Woman Creative Partner







No comments:

Powered by Blogger.