Blog Ku, Ladang Pahala Ku

 


Dear Diary,

Assalamualaykum...


Kemarin ada yang tanya ke aku: "Mom Cilya, blognya sharing tentang apa saja?". Alhamdulillah aku bisa jawab dengan mantab. Sebab blog aku isinya tentang sharing bisnis, fashion, beauty, lifestyle dan beberapa sharing mindfulness lainnya.


Awal mulai ngeblog tahun 2009 dimulai dari menulis curhatan hati. Aku buat dua blog waktu itu, yang satu untuk tempat menulis segala gundah gulana di blog cilya diary ini dan blog satu lagi untuk jualan craft aku (sudah lupa password sama pakai email apa dan nama blognya). 


Tahun 2009 memang media untuk jualan hanya di dua media yaitu Facebook dan Blog saja yang aku tahu.


Tahun segitu aku sudah punya anak dua yang masih batita dengan jarak berdekatan dan usia aku juga masih belum matang. Segala apa yang aku rasakan, semuanya di tulis di media sosial. Kalau mengingatnya sungguh membuat aku istighfar...


Tahun 2010 aku mulai stop mencurahkan segala gundah gulana aku di blog. Tulisan-tulisan seputar curhatan aku pun sudah aku takedown dan sudah tidak aku share lagi ke publik. Aku sudah mulai fokus buat tulisan yang bermutu seputar fashion dan lifestyle dan itulah awal mulanya blog Cilya in Wonderland lahir.


Walau saat itu aku belum hijrah (pakai hijab), ilmu agama aku juga masih minim, aku sudah mulai untuk menulis hal-hal yang positif di blog aku. Lalu setelah hijrah, aku bersyukur sekali karena sudah mengubah blog aku sebagai blog yang bermanfaat Insha Allah.


Semua itu tentu perlu proses ya, apalagi di tahun 2010 itu dunia digital belum secanggih sekarang dan belum luas seperti saat ini. Jadi segala sesuatu itu pasti bisa menjadi konsumsi bagi orang-orang yang baru mencoba browsing mencari berita.


Aku ngga mau ketika muncul adalah curhatan aku yang tidak genah, makanya aku mulai perbaiki. Perubahan itu memang dimulai dari diri sendiri dulu, ketika kita mulai memikirkan orang lain (tidak egois), kita lebih santun, kita lebih menghargai  maka orang lain akan menghargai diri kita juga.


Aku ingin tulisan-tulisan aku menjadi amal jariyah yang mana aku berharap segala pahalanya terus mengalir ke aku tanpa putus, walaupun aku sudah tidak di bumi lagi. Di dalam ajaran agama Islam, orang yang semasa hidupnya melakukan amalan jariyah maka dirinya akan mendapatkan pahala meski sudah meninggal.


Semua ini tertuang di dalam hadits Abu Hurairah RA, 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): Sedekah jariyah, Ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak sholeh." (HR Muslim).


Karena hadist ini lah aku mulai mengubah beberapa media sosial aku untuk hal-hal yang bermanfaat salah satunya adalah blog aku ini. Semoga segala sesuatu yang aku sharing bisa memberikan banyak manfaat bagi yang membaca. Aamiin YRA...






No comments:

Powered by Blogger.